Integral8.blogspot.com-Pada pembahasan artikel saya kali ini,kita akan membahas tentang 7 Unsur Kebudayaan Universal. Dari beberapa pendapat para ahli, C. Kluckhohn bisa di ambil referensinya pada pembahasan kali ini. C. Kluckhohn membuat karya yg berjudul Universal Catagories of Culture , ia menjelaskan 7 unsur dalam bukunya tersebut dan di beri nama Culture Universals. Yang berisikan sebagai berikut : 


                1.Sistem Kepercayaan (Religi)
                2.Sistem Pengetahuan
                3.Peralatan dan Perlengkapan Hidup Manusia
                4.Mata Pencarian dan Sistem – sistem Ekonomi
                5.Sistem Organisasi Kemasyarakatan
                6.Bahasa
                7.Kesenian
Urutan unsur – unsur kebudayaan di atas menurut Koentjaraningrat didasarkan pada mudah atau sulitnya suatu unsur kebudayaan mengalami perubahan. Artinya, unsur kebudayaan yang pertama atau nomer 1 dianggap sebagai unsur kebudayaan Universal yang paling sulit berubah, sedangkan urutan yang paling terakhir merupakan Unsur yang paling mudah untuk berubah.Berikutnya kita akan menjelaskan sedikit tentang sistem 7 Unsur Kebudayaan Universal di atas
1. Sistem Religi
Kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada zat yang lebih dan Maha Kuasa.

2. Sistem Pengetahuan
Sistem yang terlahir karena setiap manusia memiliki akal dan pikiran yang berbeda sehingga memunculkan dan mendapatkan sesuatu yang berbeda pula, sehingga perlu disampaikan agar yang lain juga mengerti.

3. Sistem Peralatan dan Perlengkapan Hidup Manusiaa
Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang – barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengam makhluk hidup yang lain.

4. Sistem Mata Pencaharian Hidup dan Sistem – Sistem Ekonomi
Terlahir karena manusia memiliki hawa nafsu dan keinginan yang tidak terbatas dan selalu ingin lebih.

5. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
Sistem yang muncul karena kesadaran manusia bahwa meskipun diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna namun tetap memiliki kelemahan dan kelebihan masing – masing antar individu sehingga timbul rasa utuk berorganisasi dan bersatu.

6. Bahasa
Sesuatu yang berawal dari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi antar sesama manusia. Bahkan sudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris.

7. Kesenian
Setelah memenuhi kebutuhan fisik manusia juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka sehingga lahirlah kesenian yang dapat memuaskan.

Sumber 2 
Pendapat saya :
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Banyak para ahli yang menafsirkan tentang Kebudayaan dengan secara kasat mata mereka. Jika saya di tanyakan apa arti dari kata kebudayaan tersebut saya hanya menjawab Suatu kebiasaan yang sering dilakukan di wilayah tersebut. Namun dari arti tersebut tidak lupa pula melekat Unsur –unsur kebudayaan yang seperti artikel di atas.
Namun pandangan saya sebagai orang awam,unsur – unsur diatas haruslah tetap pada jalur buadaya itu sendiri,maksutnya tidak melenceng dari apa budaya yang nenek moyang kita buat. Dengan begitu kita bisa mengenang apa yang telah nenek moyang kita buat dalam suatu kebudayaan tersebut. Lalu dalam unsur kebudayaan itu sendiri haruslah original atau asli. Karena banyak sekarang ini kebudayaan – kebudayaan di Indonesia yang sudah tercampur aleh kebudayaan Barat atau asing. Sehingga kita sebagai banyak sekarang kebudayaan asli kita yang suka kehilangan nilai Intrik dalam Buadaya itu sendiri.
Dalam menjaga nilai Intrik Kebudayaan itu sendiri,maka di perlukanlah Unsur –unsur kebudayaan dari artikel di atas. Jika kita bertanya siapakah yang paling berperan dalam menjaga nilai Intrik Kebudayaan kita,denan sangat jelas kita sendrilah yang harus menjaga arti dari Intrik Kebudayaan tersebut. Jika kita sendiri saja tidak ingin menjaga ke Originalan dari kebudayaan kita sendiri,lalu siapa lagi ? . ingatkah kita tragedi pada negara tetangga yang ingin mengambil Kebudayaan dari bangsa kita. Yah itulah keteledoran bangsa negara ini yang tidak begitu memperhatikan dari Kebudayaannya.
Di era globalisasi ini memang kita tidak boleh ketinggalan zaman. Semua berbau tekhnologi yang akan kelak melekat dalam kehidupan kita masing –masing. Namun apa salahnya kita bisa menjaga dan melestarikan nilai kebudayaan dari bangsa kita. Setidaknya kita bisa menjunjung tinggi hakekat manusia sebagai makhluk yang saling menghormati. Dengan menjaga dan melestarikannya saja kita sudah bisa menghormati Nenek dan Kakek moyang kita yang telah bersusah payah untuk membentu dan melestarikan suatu Kebudayaan yang sangat menarik untuk kita pelajari ini.
0 Comments
Comments

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Mampir Di Blog saya
Jangan Lupa Tulis komentar anda Di sini...
(bila mau menggunakan emotion silahkan klik emotionnya kemudian copy paste kodenya didalam kotak komentar..)